Rabu, 02 November 2016

Windows 1.0 dan Program Tambahannya

Windows 1.0


Window 1.0


Sistem operasi ini diluncurkan pada tanggal 20 november 1985 oleh perusahaan Microsoft. Sebenarnya versi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 November 1983 akan tetapi belum di pasarkan ke publik dikarenakan banyaknya hambatan dalam pengembangannya.

Pada saat itu windows 1.0 merupakan versi sistem operasi pertama yang menggunakan Graphic User Interface atau biasa disebut dengan GUI. Memiliki 16 bit kerne dan mendukung multitaskting antar banyak program artinya memungkinkan menjalankan program secara bersamaan. 

Windows 1.0 bukanlah sebuah paket sistem operasi GUI seperti Macintosh  tetapi hanya sebuah paket tambahan GUI yang berjalan diatas DOS, oleh karena itu kode yang digunakannya adalah Interface Manager.
Image result for macintosh
Macintosh
Image result for m-s dos
M-S DOS
Windows 1.0 menggunakan tampilan Device Independent Bitmap atau disingkat DIB dan menambahkan tetikus atau biasa disebut dengan mouse sebagai perangkat yang digunakan untuk mengoperasikannya. 
Image result for tetikus komputer
Tetikus atau Mouse

Program tambahan yang dimiliki sistem operasi ini antar lain Microsof Paint Brush, MS-DOS Executive, Write, Notepad, Calendar, Calculator, Card file, Clipboard dan memiliki satu game yaitu bernama Reversi serta mendukung MS DOS Prompt
Image result for microsoft paintbrush windows 1.0
Microsof Paint Brush
Image result for reversi windows 1.0
Reversi
Image result for calendar windows 1.0
Tampilan Calculator
Image result for calendar windows 1.0
 Calender dan Cardfile
Image result for ms dos
MS-DOS Prompt
Demikianlah artikel kali ini. Lebih dan Kurangnya mohon di maafkan. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar